oleh

Bupati Salwa Tolak Pengurus PMI Bondowoso Hasil Muskab IX

BONDOWOSO (ringgit.id)- Akhirnya Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin menyatakan menolak untuk memberikan rekomendasi dari hasil Musyawarah Kabupaten (Muskab) ke IX Palang Merah Indonesia (PMI) yang digelar di Hotel Ijen View, beberapa waktu yang lalu. Salah satunya, adalah soal Pengurus untuk periode 2019-2024.

“Saya tidak akan memberikan rekomendasi hasil Musyawarah Kabupaten PMI Kabupaten Bondowoso yang ke IX, yang digelar di Ijen View,” kata Salwa, panggilan akrabnya, kepada sejumlah wartawan.

Karena, lanjut mantan Wabup Bondowoso dua periode ini, sejak awal baik Pengurus PMI maupun Panitia Penyelenggara Musyawarah, tidak pernah melakukan koordinasi. Dirinya mengaku, hanya menerima surat pemberitahuan di mejanya.

Alumni PP Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo ini menilai, ada yang tidak prosedural dalam Muskab tersebut. Baik dari segi LPj-nya, maupun proses pemilihan Ketua PMI Bondowoso.

Sehingga sebelumnya, Salwa juga menyarankan agar Muskab PMI Bondowoso yang ke IX, pelaksanaanya ditunda. Namun sarannya itu sebagai Pembina PMI, tidak digubris oleh Panitia.

“Karena teman-teman di PMI sudah tidak mematuhi saran saya, sebagai pembina. Maka saya tidak akan memberikan legalisasi hasil keputusannya. Kalau saran Pembina saja tidak digubris, apalagi saran dari pihak lain. Pasti tidak diperhatikan,” jelasnya.

Dengan menggunakan kalimat filosofi, Kiai Salwa mengatakan, kalau input dan prosesnya sudah menyalahi aturan, pasti outputnya tidak baik. Ini qoidah proses dalam suatu sistem organisasi.

Dilanjutkan, PMI adalah organisasi kemanusiaan. Tentu pelakunya harus independen dan jujur. PMI tidak boleh dicampuri oleh kepentingan apapun, selain misi kemanusiaan. Karena menyangkut keselamatan manusia.

Sekedar mengingatkan, dalam Muskab PMI keIX Bondowoso, Miftahul Huda terpilih kembali sebagai Ketua, untuk periode 5 tahun berikutnya. Namun dalam Muskab tersebut, tak satupun jajaran eksekutif, khususnya Bupati Bondowoso, menghadiri musyawarah penting itu. (sam/ th/ red)

Berita Umpan