oleh

Rusak Cagar Budaya di Bondowoso, PT Indah Karya Diminta Hentikan Pembangunan

BONDOWOSO (ringgit.news)- Pembangunan PT Indah Karya (Persero) cabang Bondowoso, dinilai merusak sebagian cagar budaya, berupa batu yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Selain itu, proses pembangunan pengembangan Pabrik ini tak mengantongi ijin dari Balai Besar Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bondowoso, Harimas yang datang ke lokasi pembangunan mengaku, baru mengetahui kejadian ini dari stafnya. Sehingga ia menghimbau kepada pihak PT Indah Karya, agar menghentikan pembangunan sebelum ada keputusan bersama.

“Tanah ini adalah tanah yang masuk Cagar Budaya dan sudah ber-SK (Surat Keputusan) Gubernur. Sehingga tidak boleh memindah, merubah tanpa seijin dari Balai Pelestarian Cagar Budaya,” tegasnya, Senin (13/05/2019).

Dilain pihak, Kabid Balai Besar Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur, Balaisius mengatakan, seharusnya pihak PT sebelum melakukan pembanguan terlebih dahulu harus memperoleh ijin. Untuk cagar budaya yang sudah dipindah, harus dikembalikan seperti semula.

“Biasanya pembangunan di tempat kawasan cagar budaya, perlu adanya ijin dari kami, tapi ini tidak. Jadi kalau bangunan begini melanggar apa tidak, kalau sudah ada ijin baru kerja. Pengangunan ini tidak,” tukasnya.

Diceritakan Balaisisus, lokasi pembanguan pengembangan pabrik ini, sebenarnya telah dilakukan penelitian dan ditemukan bahwa, tanah ini adalah kawasan pemakaman dan tempat pemujaan jaman dahulu.

“Kami sudah melakukan penelitian terhadap tempat ini. Jadi sayang sekali beberapa patung sudah ada yang rusak dan dipindah,” pungkasnya.

Penelusuran media ini, PT Indah Karya (Persero) dalam halaman webnya adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang awalnya bergerak di bidang Konstruksi dan Manajemen. Didirikan pada tanggal 29 Maret 1961, PT Indah Karya berkantor pusat di Bandung dengan cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

PT Indah Karya didirikan, dengan tujuan melaksanakan program pemerintah dalam pembangunan ekonomi nasional dengan lapangan usaha Survey, Investigasi, Studi Perencanaan/ Planning, Perencanaan Teknis/ Design, serta Manajemen dan Pengawasan Pekerjaan Konstruksi, Penyediaan Tenaga Ahli, serta Kegiatan Konsultasi.

Tahun 2000, PT Indah Karya mendirikan unit usaha IKRCS yang bergerak di bidang sertifikasi Sistem Manajemen ISO 9001, ISO 14001, dan OHSAS 18001.

Sejak awal Tahun 2014, PT Indah Karya mengembangkan usahanya di sektor properti dan industri. Sektor properti dimulai dengan pembangunan Bellazona Golf Apartement di Bandung. Sementara sektor industri, PT Indah Karya membangun pabrik plywood di Bondowoso, dengan orientasi ekspor. (fik/ red)

Komentar

Berita Umpan