oleh

Warga Tionghoa Bondowoso Ikut Meriahkan Harjabo 2019 Dalam Festival Pecinan

-Wisata-197 views

BONDOWOSO (ringgit.news)- Sambutan hingga peringatan Hari Jadi Bondowoso (Harjabo) ke-200 Tahun 2019 ini.  Tampak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sejak 29 Juni hingga 6 Juli, akan digelar Festival Pecinan Bondowoso, untuk meramaikan Harjabo 2019. Tak heran, jika warga Tionghoa yang tinggal di Kota Tape ini antusiasme, menyambut Festival Pecinan.

Bahkan dengan anggaran swadaya, mereka sudah memasang ratusan lampion warna merah di sepanjang Jalan PB Sudirman, Bondowoso. Warga Tionghoa, siap menyambut Harjabo 2019.

“Kami ingin Festival Pecinan menyambut Harjabo 2019 meriah dan ada nuansa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata hendra, salah satu warga keturunan Tionghoa.

Antusisame warga Tionghoa menyambut Festival Pecinan ini pun, mendapat apresiasi positif dari warga Bondowoso. Salah satunya Saiful (55), seorang pedagang kaki lima.  Ia mengaku Festival Pecinan digelar tidak hanya memeriahkan, tapi juga membuat Harjabo 2019 lebih beragam .

”Selain itu, Festival Pecinan akan memberikan keuntungan bagi masyarakat Bondowoso. Terutama pedagang kaki lima seperti saya. Karena, Festival Pecinan dikemas pasar malam, car free night, dan kesenian barongsai  yang menghibur masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin melalui Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Harry Patriantono mengatakan, Festival Pecinan ini memang melibatkan warga Tionghoa Bondowoso. Tujuannya, untuk menunjukan adanya keberagaman Bondowoso  yang indah dan tetap terjaga.

”Makanya, keberagaman yang indah, ini kita tunjukkan dengan Festival Pecinan Bondowoso yang dikemas dalam bentuk pasar malam, car free night, wisata kuliner, dan kesenian barongsai di sepanjang Jalan PB Sudirman dipenuhi lampion,” kata Harry.

Selain Festival Pecinan Bondowoso, beragam kegiatan meramaikan Harjabo 2019. Seperti 200 tumpeng sebagai simbol Bondowoso berusia 200 tahun dan hiburan musik yang menghadirkan penyanyi dangdut pantura, Cak Sodik bersama grup musik New Monata.

”Karena itu, saya berharap dukungan awak media, mengabarkan pada warga luar Bondowoso. Agar Harjabo ke-200 Tahun 2019 bisa sukses dan menjadi destinasi wisata Bondowoso,” pungkas Harry. (fur/ red)

Komentar