oleh

Diminta Bukti Gugatan MK, KPU Bondowoso Akhirnya Bongkar Kotak Suara

BONDOWOSO (ringgit.news)- Sedikitnya ada 94 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bondowoso, Jawa Timur, digugat ke Mahkamah Konstitusi. Gugatan dilayangkan atas Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) oleh 2 parpol.

Yaitu, Partai Demokrat untuk perolehan suara Caleg DPR RI Dapil III dan Caleg DPRD Jatim Dapil IV. Serta Partai Nasdem untuk perolehan suara Caleg DPRD Jatim Dapil IV. Gugatan 94 TPS itu, tersebar di 19 Kecamatan dan 5 Daerah Pemilihan di Bondowoso.

Heniwati, Divisi Teknis Komisioner KPU Bondowoso, dihubungi melalui ponselnya, Selasa (09/07/2019) mengaku, sedikitnya ada 7 orang KPU yang berada di Jakarta, untuk menyerahkan bukti-bukti yang diminta tim kuasa hukum KPU RI. Bukti dimaksud, diantaranya C1, DA, DAA1, DB, dan DB2.

“KPU Bondowoso sudah kirim 7 orang. Surat dari provinsi itu, divisi yang diberangkatkan, tekhnis sama divisi hukum. Karena banyak, Bondowoso itu ada skeitar 94 TPS, jadi kita tidak mampu mengerjakan berdua. Jadi staf hukum, dibawa semua 5 orang,” ujarnya.

Dikatakan, Selasa (09/07/2019) merupakan sidang perdana, yang dilaksanakan MK. Adapun pelaksanaanya, kata Heniwati, terbagi tiga panel.

“Sidangnya ini tanggal 9, 10, 11 Juli 2019, sidang pendahuluan. Kemarin itu, tanggal 5 hingga 8 Juli 2019 masih pengumpulan alat bukti se-Indonesia. Jadi kita dengan temen-temen se-Indonesia, ngeset bersama di Hotel Mercuri,” ujarnya. (*)

Komentar

Berita Umpan