oleh

Kades Korupsi Kian Meningkat, Kadis PMD Situbondo Akui Gagal Lakukan Pembinaan

SITUBONDO (ringgit.news)- Merebaknya Kasus Korupsi yang dilakukan sejumlah Kepala Desa (Kades) terkait Dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2018 dan 2019. Membuat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Suradji angkat bicara.

Menurutnya, angka korupsi yang dilakukan Kades saat ini meningkat dari tahun sebelumnya. Meski sudah sering pihaknya bersama instansi terkait, melakukan pembinaan.

“Adanya kasus penyalahgunaan DD dan ADD yang dilakukan Kades, sangatlah memprihatinkan. Padahal pembinaan dan himbauan dari Dinas PMD, Wabup (Wakil Bupati), Bupati, inspektorat dan kejaksaan sudah dilakukan. Selain kegagalan Dinas PMD sendiri, ini juga kelalaian para kades yang tidak komitmen,” ujarnya.

Berbicara angka, Suradji mengaku Tahun 2018 hanya 1 kasus korupsi di Desa. Tetapi untuk Tahun 2019 ini malah bertambah banyak. Dirinya berharap kedepan, tidak ada lagi kasus korupsi yang menjerat Kades.

Data terhimpun, Kejaksaan Negeri Situbondo saat ini menangani 3 kasus korupsi yang sudah ditetapkan tersangka. Yakni Kades Kalianget Kecamatan Banyuglugur, Kades Gadingan Kecamatan Jangkar. Serta Kades Sumberejo Kecamatan Banyuputih. (asr/ gus/ red)

Komentar