oleh

Ramah Lingkungan, Pemkab Jember Gunakan Besek Untuk Bungkus Daging Kurban

JEMBER (ringgit.news)- Peringatan Hari Raya Kurban tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus daging kurban. Namun menggunakan besek (pembungkus terbuat dari anyaman bambu, red) sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Bupati Jember, Hj Faida juga mewanti – wanti masyarakat agar waspada terhadap zat Karsinogen, yang biasanya banyak terdapat dalam kantong plastik hitam.

“Kali ini kita mencoba membungkus daging kurban, dengan besek yang ramah lingkungan. Besek ini buatan UMKM dari Kecamatan Tanggul,” ungkap Faida seusai sholat Idul Adha, di masjid jamik Al Baitul Amin, Minggu (11/08/2019).

Lanjut Faida, penggunaan besek juga bentuk upaya Pemkab memberdayakan ekonomi kerakyatan di Jember. “Kemarin kita pesan 3 ribu besek, untuk pembungkus daging kurban hari ini,” jelasnya.

“Tahun ini Pemkab Jember menyerahkan 5 ekor sapi, ke panitia kurban di beberapa lokasi. Adapun lokasi takmir penerima sapi kurban, yakni di masjid jami Al Baitul Amin Jember, Lapas Kelas II A dan Ponpes Al Falah Kecamatan Silo,” tutur Faida.

Faida juga menambahkan, berkurban akan menambah satu amalan ibadah yang barokah. “Mungkin pengorbanan seperti hewan ternak, tidak seberapa dengan pengorbanan Nabi Ibrahim as. Yakni, mengorbankan anak laki – lakinya,” pungkasnya. (sul/ gus/ red)

Komentar